Kamis, 09 Juni 2011

Proses Adalah Hal Penting yang Mendasari Hasil Akhir



Sampai sekarang mungkin anda sudah banyak memakan makanan lezat, namun apakah anda perduli bagaimana proses pembuatan makanan tersebut....??
kadang kita hanya tertarik dari bentuk dan rasa makanan tersebut..., bagaimana dengan dampak pada kesehatan dan kebersihan makanan tersebut....??

hal tersebut tak jauh berbeda dengan siswa jaman sekarang...,mereka hanya mengharapkan nilai bagus, lulus, dan mendapatkan prestasi. Mereka tidak mau menjalani proses yang baik untuk mencapai semua hal tersebut namun mereka cuma ingin mendapat hasil maksimal. apa akibatnya...??
mereka rela melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuannnya tersebut..., tak perduli sesuai peraturan ataukah melanggar, tak perduli sesuai dengan ajaran agama atau tidak, serta mereka tak pernah perduli akan adanya pihak lain yang akan dirugikan untuk mencapai tujuan tersebut.
contohnya mungkin sudah sering anda lihat...... :


  • kebiasaan mencontek pada siswa, membeli kunci jawaban yang belum tentu benar saat ujian
  • kebiasaan copy Paste pada mahasiswa, bahkan ada mahasiswa yang berani membayar mahal Pembimbing dari luar Universitas untuk membantu membuatkan Tugas akhir, Skripsi.
Apakah kita tak pernah sadar bahwa proses selalu berada didepan sebelum hasil akhir. jadi, kualitas dari suatu proses sangat berpengaruh dengan hasil akhir yang akan dicapai. 

jika kita ambil contoh pada kontruksi sebuah rumah, proses merupakan bentuk rancangan dasar dari sebuah rumah, yang meliputi pembentukan desain dan pemilihan bahan bangunan.
sedangkan hasil akhir hanyalah bentuk Rumah jadi yang belum jelas kualitas bahan bangunan yang digunakan serta kontruksi rumah tersebut.
jadi bisa saja sebuah rumah terlihat bagus tetapi cuma bertahan 13 tahun setelah itu rubuh karena proses pembuatan yang asal - asalan.


jika diperjelas Proses adalah hal terpenting dibanding Hasil Akhir....
sebaik baiknya proses memang belum tentu menciptakan Hasil Akhir, namun hal tersebut akan bersifat kekal dan mendasar yang jika kita memperbaiki proses tersebut pasti hasil akhir juga akan maksimal. 
berbeda dengan hasil akhir maksimal tanpa didasari proses yang baik, semua hanya kemasan belaka tanpa dasar, tak membekas dan tidak akan berkembang....

Mari Kita Utamakan Proses yang Baik dan Berkualitas untuk Mendapatkan Hasil Akhir yang Maksimal...... !! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar