Minggu, 12 Juni 2011

Sayang, Bolang Tidak Masuk Hari Ini..





si Bolang terlihat masih duduk santai di teras sebuah rumah yang terlihat lapuk dan rapuh, padahal waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 06.15  WIB. sambil mengenakan seragam sekolah yang tampak sudah lama tidak dicuci dan dengan sepatu lusuh yang terlihat sudah tak layak untuk dipakai, ia tertunduk lesu....


keadaan tersebut membuat aku bertanya kepadanya... "Lang, apakah kamu tidak masuk sekolah hari ini..?"
tanpa menjawab, ia mengarahkan pandangan kepadaku dengan mata berkaca seakan sudah letih membendung air mata.
dengan penuh rasa penasaran akupun kembali bertanya..., "Ada apa denganmu??"
dengan nafas terpaksa iapun berkata..."Aku Malu..."


Setelah kata Malu tersebut keluar Bolang pun menjelaskan alassanya kepadaku. Ia tidak masuk sekolah hari ini karena orang tuanya tidak memberikan Uang SPP yang telah 1 Semester tidak dibayarkan. Bolang malu karena hari ini ada pelajaran Matematika dimana yang mengajar adalah Wali Kelasnya sendiri, maka sudah pasti ia akan ditagih mengenai kekurangan Administrasi sekolah.
hal tersebutlah yang membuat Bolang malu untuk bersekolah hari itu...,


Disekolah Bolang sangat dikenal oleh Bapak dan Ibu Guru. Selain karena sering dipanggil mengenai masalah Administrasi, ia dikenal karena selalu masuk pukul 06.00 WIB di sekolah. Ia selalu masuk bersama dengan pak Satpam yang bertugas membuka gerbang Sekolah. Dikelas ia Selalu mendapatkan ranking 2 walaupun nilainya merupakan nilai tertinggi di kelas. penyebabnya adalah Bolang yang kadang tidak hadir ke sekolah tanpa keterangan. Bukan membolos, tetapi karena ia harus membantu Bapaknya menggarap sepetak ladang yang sebenarnya bukan milik Bapaknya.
1 minggu lagi harusnya Bolang mewakili sekolah untuk mengikuti lomba  Matematika di tingkat Kabupaten. Namun, sanggupkah ia mengikutinya....? 


dari cerita diatas jelas bahwa Semangat Belajar Bolang harus tersisih karena massalah Ekonomi. 


haruskah hal tersebut teru dan terus terjadi??


APa yang bisa kita lakukan untuk Mereka?? Tidak Adakah??


bolang mungkin merupakan satu dari Ribuan bibit Emas yang harus berkarat dan meredup sinarnya sebelum berubah menjadi Perhiassan dengan Nilai Jual yang tinggi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar